Sabtu, 26 November 2011

UIN jogja gelar konferensi IT internasional

,


Pemanfaatan  teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kini sudah merambah di berbagai bidang. Dari bidang pemerintahan, pendidikan, kesehatan, ekonomi/bisnis, industri, sains, agama, lingkungan, TIK untuk kebutuhan khusus (orang-orang tua/cacat), bahkan untuk manajemen bencara, anti-terorisme, anti korupsi dan sebagainya. Penggunaan  (TIK) terbukti  mampu meningkatkan kualitas hidup manusia, serta memberikan kontribusi dalam mengintegrasikan seluruh warga negara dalam masyarakat yang maju dan meningkat kualitas hidupnya.

            Dengan kemajuan TIK yang begitu pesat ini, ada beberapa isu yang hendaknya segera didiskusikan agar pemanfaatan TIK benar-benar optimal dalam rangka pembangunan masyarakat dan bangsa. Isu tersebut antara lain misalnya, standardisasi prosedur, strategi adopsi teknologi, dan pemilikan teknologi alternatif. Menyikapi hal ini, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga,  menyelenggarakan “International Conference on Informatics for Developmen  (ICID) 2011,  Sabtu, 26 November 2011, bertempat di Hotel Inna Garuda.

            Menurut Ketua Prodi Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga, yang juga selaku Ketua Penyelenggara  ICID, Agus Mulyanto, S. Si., M. Kom., forum ini diselenggarakan dengan  tujuan mempertemukan para peneliti dan praktisi yang berminat dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai bidang. ICID juga diharapkan menjadi ajang berdiskusi tentang semua aspek pada penggunakan TIK.  Konferensi ini, sebelumnya telah menerima 110 paper dari berbagai negara seperti, Jepang, Brunai Darussalam, India dan Indonesia. Paper – paper yang masuk ke panitia,  telah dipresentasikan dan  akan dipublikasikan dalam profinding yang terbagi dalam empat kluster yakni;  ICT dan Social Issue, Artificial Intelligence & Image Processing, Computer Sistem & Network, dan Database and Information System.

            Forum ini, kata Agus Mulyanto, mendatangkan keynote speker antara lain : Dr. Dorothea Klein; ICT4D Centre/UNESCO chair in ICT for Development, lecturer, Royal Holloway, University of London, UK., Assoc, Prof. Wenny Rahayu, Lecturer, La Trobe University, Australia, Prof. Dr. Srikanta Patnaik, President of Interscience Research Network, IRNet, India.  Dewan Ahli yang hadir pada forum ini antara lain : Prof. Richard Heeks, The University of Manchester, Prof. Deokjai Choi; Chonnam Nasional University., Prof. Jongtae Rhee, Dongguk University, Assoc. Prof. Abdullah Saad Almudimigh, King Saud University, Assoc. Prof. Zarina Shukur, Universitas Kebangsaan Malaysia, Dr. Hj. Mohammad Nabil Almunawar, University of Brunai Darussalam, Assoc, Prof. Retantyo Wardoyo(UGM), Prof. Kuspriyanto (ITB, Dr. Agus Zainal Arifin (Institut Teknologi Sepuluh November), Prof. Edwin Blake, The University of Cape Town, Assocv. Prof. Marianne Georgsen, Aalborg University, Dr. Rory McGreal; Athabasca University.  Sementara Dewan penasehat yang hadir pada forum itu antara lain ;  Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. Musa Asy’arie, Dekan Fakultas Saintek UINSunan kalijaga, Prof. Drs. H. Ahk. Minhaji, MA., Ph.D., Khurul Wardati, M. Si., Pembantu Dekan I (bidang Akademik) Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga. Dan Agus Mulyanto sendiri, demikian jelas Agus Mulyanto.
(dari tribun news)

0 komentar to “UIN jogja gelar konferensi IT internasional”